PENGERTIAN SEJARAH PERKEMBANGAN, PEMAKAI DAN BIDANG-BIDANG AKUNTANSI

PENDAHULUAN

Modul ini merupakan modul akuntansi yang pertama Anda jumpai. Sehingga pertama-tama saya ucapkan selamat atas selesainya Anda mengikuti pendidikan di tingkat SLTP, dan selamat atas keikutsertaan Anda belajar di SMU Terbuka.
Modul ini berisi dua kegiatan: kegiatan 1 tentang pengertian akuntansi, sejarah perkembangan, pemakai informasi akuntansi dan bidang-bidang akuntansi. Kegiatan 2 berisi tentang pengelompokan akun (tata akun), standar akuntansi keuangan serta konsep dasar akuntansi.

Pada akhir modul ini Anda diharapkan dapat memahami struktur dasar akuntansi (pengertian, pemakai, macam-macam akuntansi serta konsep dasar akuntansi). Kegigihan dan ketekunan Anda waktu mengikuti pelajaran di SLTP dahulu juga sangat diharapkan, bahkan hendaknya dapat ditingkatkan lagi dalam mempelajari modul ini.
Untuk mengerjakan modul ini Anda membutuhkan waktu selama 240 menit, termasuk mengerjakan soal-soal dan tes. Alat bantu yang diperlukan adalah berupa alat tulis seperti pulpen, pensil, penggaris dan sebagainya. Sebaiknya Anda tidak melihat kunci jawaban latihan sebelum Anda mempelajari materi modul ini.
Apabila Anda menemui kesulitan dalam mengerjakan soal-soal tes dan latihan, cobalah Anda pelajari kembali materi dengan baik dan sungguh-sungguh, atau Anda coba mendiskusikannya bersama teman-teman Anda!


1. Pengertian Akuntansi
Sudah pernahkah Anda mengenal akuntansi? bila sudah kenal, bagus! Apa itu akuntansi? Akuntansi adalah suatu proses mengidentifikasi, mengukur dan melaporkan informasi ekonomi untuk memungkinkan dilakukannya penilaian dan pengambilan keputusan secara jelas dan tegas bagi pihakpihak yang menggunakan informasi tersebut.

Dari pengertian di atas terkandung tujuan utama akuntansi adalah menghasilkan atau menyajikan informasi ekonomi (economic information) dari suatu kesatuan ekonomi (economic entity) kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Oleh karena itu informasi akuntansi itu pada dasarnya menyajikan informasi ekonomi kepada banyak pihak yang memerlukan, sehingga akuntansi juga sering disebut dengan bahasa dunia usaha. Mengapa demikian? Karena akuntansi merupakan alat komunikasi dan informasi bagi pihak-pihak yang memerlukannya.

Siapa saja pihak-pihak yang memerlukan akuntansi itu? Pihak yang memerlukan akuntansi dapat dibedakan yaitu pihak intern dan pihak ekstern. Baiklah, sebelum melanjutkan alangkah baiknya Anda kembali membaca dan memahami pengertian akuntansi. Setelah itu marilah dilanjutkan dengan materi tentang pemakai akuntansi

Setiap terjadi suatu peristiwa, orang selalu saja bertanya, awalnya bagaimana? Atau seseorang akan berkata ceritanya bagaimana? Begitu juga halnya Akuntansi sering orang bertanya bagaimana sejarah dari akuntansi itu.

Akuntansi sebenarnya sudah ada sejak manusia itu mulai bisa menghitung dan membuat suatu catatan, yang pada awalnya dulu itu dengan menggunakan batu, kayu, bahkan daun menurut tingkat kebudayaan manusia waktu itu. Pada abad XV terjadilah perkembangan dan perluasan perdagangan oleh pedagang-pedagang Venesia. Perkembangan perdagangan ini menyebabkan orang waktu itu memerlukan suatu sistem pencatatan yang lebih baik, sehingga dengan demikian akuntansi juga mulai berkembang.
Setelah itu perkembangan akuntansi juga ditandai dengan adanya seorang yang bernama Lucas Pacioli pada tahun 1494, ahli matematika mengarang sebuah buku yang berjudul Summa de Aritmatica, Geometrica, Proportioni et Propotionalita, di mana dalam suatu bab berjudul Tractatus de Computies et Scriptoris yang memperkenalkan dan mengajarkan sistem pembukuan berpasangan yang disebut juga dengan sistem kontinental.

Sistem berpasangan adalah sistem pencatatan semua transaksi ke dalam dua bagian, yaitu debet dan kredit. Kemudian kedua bagian ini diatur sedemikian rupa sehingga selalu seimbang. Cara seperti ini menghasilkan pembukuan yang sistematis dan laporan keuangan yang terpadu, karena perusahaan mendapatkan gambaran tentang laba rugi usaha, kekayaan perusahaan serta hak pemilik.

Pertengahan abad ke 18 terjadi revolusi industri di Inggris yang mendorong pula perkembangan akuntansi, di mana waktu itu para manajer pabrik misalnya, ingin mengetahui biaya produksinya. Sebab dengan mengetahui berapa besar biaya produksi mereka dapat mengawasi efektifitas proses produksi dan menetapkan harga jual. Sejalan dengan itu berkembanglah akuntansi dengan bidang khusus yaitu akuntansi biaya. Akuntansi biaya memfokuskan diri pada pencatatan biaya produksi dan penyediaan informasi bagi manajemen.

Bagaimana perkembangan akuntansi di Indonesia?

Akuntansi di Indonesia pada awalnya menganut sistem kontinental, seperti yang dipakai di Belanda saat itu. Sistem ini disebut juga dengan tata buku yang sebenarnya tidaklah sama dengan akuntansi, di mana tata buku menyangkut kegiatan-kegiatan yang bersifat konstruktif dari proses pencatatan, peringkasan, penggolongan dan aktivitas lain yang bertujuan menciptakan informasi akuntansi berdasarkan pada data. Sedangkan akuntansi menyangkut kegiatan-kegiatan yang bersifat konstruktif dan analitikal seperti kegiatan analisis dan interpretasi berdasarkan informasi akuntansi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembukuan merupakan bagian dari akuntansi.

Perkembangan selanjutnya tata buku sudah mulai ditinggalkan orang. Di Indonesia perusahaan atau orang semakin banyak menerapkan sistem akuntansi Anglo Saxon. Berkembangnya sistem akuntansi Anglo Saxon di Indonesia disebabkan adanya penanaman modal asing di Indonesia yang membawa dampak positif terhadap perkembangan akuntansi, karena sebagian besar penanaman modal asing menggunakan sistem akuntansi Amerika Serikat (Anglo Saxon). Penyebab lain sebagian besar mereka yang berperan dalam kegiatan perkembangan akuntansi menyelesaikan pendidikannya di Amerika,
kemudian menerapkan ilmu akuntansi itu di Indonesia.

Saat ini sistem Anglo Saxon semakin populer di Indonesia baik dalam pendidikan akuntansi maupun dalam praktek dunia bisnis. Sekarang dapatkah Anda menjelaskan perbedaan antara sistem kontinental dengan sistem Anglo Saxon? Apakah perbedaannya? Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan tabel berikut ini!
Perbedaan Akuntansi Sistem Kontinental dengan Anglo Saxon

Dengan memperhatikan peraga - 1 di atas, tentunya Anda sekarang dapat memahami letak perbedaan kedua sistem akuntansi yang berkembang di Indonesia. Baiklah sekarang Anda melanjutkan dengan materi berikutnya.

sumber www.e-dukasi.net

Read Users' Comments (0)

0 Response to "PENGERTIAN SEJARAH PERKEMBANGAN, PEMAKAI DAN BIDANG-BIDANG AKUNTANSI"