Apa itu Smarty

Bab 1. Apa itu Smarty?

Smarty adalah mesin template untuk PHP. Lebih khusus, ia memfasilitasi cara mengatur untuk memisahkan logika aplikasi dan konten dari penampilannya. Ini adalah lebih baik dijelaskan dalam situasi di mana pemrogram aplikasi dan desainer template memainkan aturan yang berbeda, atau dalam banyak kasus bukan orang yang sama.

Sebagai contoh, katakanlah anda sedang membuat halaman web yang menampilkan artikel koran. Judul artikel, tagline, penulis dan body adalah elemen konten, tidak berisi informasi tentang bagaimana mereka akan disajikan. Mereka berlalu ke dalam Smarty oleh aplikasi, maka desainer template mengedit template dan menggunakan kombinasi tag HTML dan tag template untuk memformat presentasi dari elemen tersebut (tabel HTML, warna latar belakang, ukuran font, style sheet, dll) Satu hari pemrogram perlu mengubah cara konten artikel diambil Perubahan ini tidak mempengaruhi desainer template (perubahan dalam logika aplikasi.), konten masih akan muncul dalam template persis sama. Demikian juga jika desainer template ingin mendesain ulang template seutuhnya, ini tidak memerlukan perubahan logika aplikasi. Oleh karena itu, pemrogram dapat membuat perubahan terhadap logika aplikasi tanpa perlu merestrukturisasi template, dan desainer template bisa membuat perubahan terhadap template tanpa melanggar logika aplikasi.

Satu tujuan desain Smarty adalah pemisahan logika bisnis dan logika presentasi. Ini berarti template tentu saja dapat berisi logika di bawah kondisi yang hanya untuk presentasi saja. Hal-hal seperti termasuk template lain, mengubah warna baris tabel, membesarkan huruf variabel, mengulang terus sebuah data array dan menampilkannya, dll, adalah contoh dari logika presentasi. Ini tidak berarti bahwa Smarty memaksa pemisahan logika bisnis dan presentasi. Smarty tidak memiliki pengetahuan tentang yang mana saja penempatannya, maka menempatkan logika bisnis dalam template adalah anda sendiri yang melakukannya. Juga, jika anda menginginkan tidak ada logika dalam template, anda tentunya dapat melakukannya dengan menetapkan konten cukup ke teks dan variabel saja.

Salah satu aspek unik mengenai Smarty adalah kompilasi template. Hal ini berarti Smarty membaca file template dan membuat naskah PHP dari mereka. Sekali dibuat, selanjutnya ia dieksekusi darinya saat itu. Oleh karena tidak ada harga parsing file template untuk setiap permintaan, dan setiap template dapat memanfaatkan solusi cache kompilator PHP seperti Zend Accelerator (http://www.zend.com/) atau PHP Accelerator (http://www. php-accelerator.co.uk).

Beberapa fitur Smarty:

1. Smarty sangat cepat.
2. Ini adalah efisien karena pengurai PHP yang mengerjakan pekerjaan kotor.
3. No template parsing overhead, hanya kompilasi sekali.
4. Pintar mengenai rekompilasi hanya file template yang telah diubah.
5. Anda dapat membuat fungsi kustom dan pengubah variabel kustom, agar bahasa
template bisa sangat extensible.
6. sintaks pembatas template tag Dikonfigurasi, sehingga Anda dapat menggunakan
(), {{}}, , dll
7. Jika / elseif / lain / endif dioper ke pengurai PHP, maka (if ...) sintaks
ekspresi bisa sesederhana atau serumit yang Anda inginkan.
8. Unlimited nesting dari bagian, jika, dll diperbolehkan.
9. Hal ini dimungkinkan untuk menyertakan kode PHP langsung dalam file template
anda, meskipun ini mungkin tidak diperlukan (ataupun direkomendasikan)
karena mesin sangat disesuaikan.
10. Built-in mendukung caching
11. Sumber template bebas
12. Fungsi kustom penanganan cache
13. Arsitektur plugin

Read Users' Comments (0)

0 Response to "Apa itu Smarty"